Selasa, 17 Februari 2009

RUMUSAN MASALAH

RUMUSAN MASALAH


1. Secara umum di Kota Yogyakarta masih banyak di temui orang-orang yang membuang sampah sembarangan. Hal tersebut dapat di buktikan dengan banyaknya sampah yang berserakan di jalanan. Keadaan itu dapat menimbulkan berbagai macam masalah terutama adalah menimbulkan bau tidak sedap, memberikan kesan kotor, dan mengundang berbagai macam hewan penyebab penyakit seperti tikus,lalat,dan nyamuk. Keadaan tersebut di perparah dengan adanya sikap acuh tak acuh dari masyarakat sekitar.

2. Minimnya sosialisasi dari petugas kebersihan kota mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Keadaan tersebut menyebabkan masyarakat menjadi kurang peduli pada lingkungan.

3. Rendahnya kesadaran masyarakat. Hal ini memiliki andil yang besar dalam pelaksanaannya. Bagaimana mungkin akan akan tercipta sebuah lingkungan yang bersih sementara masyarakatnya sendiri enggan untuk menjaga kebersihan lingkungannya sendiri.

4. Tingkat ketergantungan yang tinggi pada petugas kebersihan. Kebanyakan masyarakat menganggap rendah pekerjaan ini sehingga mereka berpendapat bahwa mengurusi sampah adalah tugas mereka. Faktor lain seperti merasa jijik, bau, dan malu untuk mengurusi sampah juga turut mempengaruhi hai ini.

5. Kurangnya pengawasan serta tidak efektifnya peraturan pemerintah juga menyebabkan peraturan tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar: